Wacana Kesehatan Gigi



Kementrian kesehatan mencanangkan indonesia harus bebas karies pada 2030. pencanangan ini dihadapkan dengan tantangan besar, salah satunya masih tingginya angka prevalensi karies di indonesia.

Strategi pertama untukk meningkatkan upaya preventif dan promotif terkait pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Edukasi mengenai pemberian fluoride dalam upaya pencegahan karies harus dilakukan. Fluoride memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mencegah karies. Pemberian fluoride dapat dilakukan secara topikal dan sistemik. Jika dilakukan secara sistemik dapat dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung fluoride atau kalsium. Sedangkan secara topikal dapat dilakukan pengolesan fluoride terhadap elemen gigi oleh tenaga kesehatan  maupun dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung flluoride.

 

Strategi kedua,  dengan memanfaatkan teknologi dan perangkat yang memudahkan dalam melakukan perawatan gigi. Mulai dari produk untuk mengetahui diagnosis atau tindakan, sikat gigi elektrik,hingga layanan teledentistry.

 

Strategi terakhir dengan penguatan kapasitas SDM di bidang kesehatan gigi. Meliputi dokter gigi,mahasiswa dan elemen yang dibutuhkan dalam masyarakat.

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Popular Items